Rabu, 04 Januari 2012

KONSEP DASAR TEORI, BELAJAR DAN TEORI BELAJAR


A. PEGERTIAN BELAJAR MENURUT PARA AHLI
-          Hildar dan bower : memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, menguasai pengalaman dan mendapatkan informasi atau menemukan.
-          Spears : lerning is to observe, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction
-          Cronbach : learning is shown by change in behavior as result of experience.

B. HAKIKAT BELAJAR BERSERTA CIRI-CIRI BELAJAR DAN PRINSIP BELAJAR
1. HAKIKAT BELAJAR
-      Belajar merupakan proses manusia memperoleh berbagai opetensi, keterampilan dan sikap.
-      Belajar adalah karakteristik yang membedakan manusia dengan mahluk lainnya dan merupakan aktiovtas yang selalu dilakukan sepanjang hayat. Pengertian belajar sangat luas tidak terbatas pada kegiatan yang dilakukan di sekolah saja, belajar merupakna aktivitas yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan perubahan-perubahan dalam dirinya melalui pengalaman-pengalaman ataupun pelatihan.

2. CIRI-CIRI BELAJAR
a. Belajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku
b. Perubahan perilaku relative permanen
c.  Perubahan perilaku tersebutbersifat potensial, tidak harus segera diamati pada saat      proses belajar berlangsung
d. Perubahan tingkah laku merupakan hasil pelatihan atau pengalaman
e. Pengalaman atau pelatihan dapat memberikan penguatan. Sesuatu yang memperkuat   itu akan memberikan semangat atau dorongan untuk mengubah tingkah laku

3. Prinsip belajar menurut Soekamto dan Winatapura
a. Apapun yang dipelajari siswa, dialah yang belajar, bukan orag lain. Untuk itu siswalah   yang  harus bertindak aktif.
b. Setiap siswa belajar sesuai tingkat kemampuannya.
c.  Siswa akan belajar dengan baik jika mendapat penguatan langsung pada tiap langkah     yang dilakukan dalam proses belajar.
d. Penguasaan yang sempurna dari seriap langkah yang dilakukan siswa akan membuat   proses   belajar lebih berarti.
e. Motivasi belajar siswa akan lebih meningkat apabila ia diberi  tanggung jawab dan   kepercayaan penuh atau belajarnya.

C. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
1. faktorinternal
  1. Factor fisiologi (yang berhubungan dengan kondisi fisik)
  2. Factor psikologis (kecerdasan atau intelegensi siswa)
Distribusi kecerdasan IQ menurut Stanford

Tingkat kecerdasan (IQ)
Klasifikasi
140 - 169
Amat superior
120 - 139
Superior
110 - 119
Rata-rata tinggi
90 - 109
Rata-rata
80 - 89
Rata-rata rendah
70 - 79
Batas lemah mental
2 - 69
Lemah mental
  1. Motivasi (proses dari dalam individu yang aktif, mendorong, memberikan arah dan menjaga perilaku setiap saat: slavin, 1994)
  2. Minat (kecenderungan atau kegairahan yang tinggi terhadap sesuatu)
  3. Sikap (segala internal yang berdimensi afektif yang berupa kecenderungan untuk mereaksi atau merespon dengan cara yang relative objek, orang, peristiwa, dll.baik yang positif maupun negative: Syah, 2003). Sikap siswa dipengaruhi oleh perasaan senang dan tidak senag pada performa guru, pelajaran dan lingkungan sekitarnya.
  4. Bakat (kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk memncapai keberhasilan)

D. PENGERTIAN TEORI BELAJAR
          teori belajar adalah paya-upaya berbentuk gagasan, ide, untuk mendiskripsikan, untuk menggambarkan bagaimana orang belajar, untuk memecahkan bagaimana orang memecahkan masalah belajar atau belajarnya berhasil.
     Teori belajar menjadi salah satu sumber pengetahuan, secara singkat teori bias dikatakan sebagai seperangkat asas yang tersusun atas kejsdian-kejadian tertentu.
Kelebihan teori:
  1. dapat diuji, eksperimen apat dilakukan untuk menentukan apakah asas itu cocok dengan kenyataan atau tidak.
  2. teori berguna sebagai model kerja untuk fenomena tertentu sampai diperlukannya teori yang baru.

Fungsi teori belajar:
Menurut pattick Suppes:
  1. teori berguna sebagai kerangka kerja untuk melakukan penelitian
  2. memberikan suatu kerangka kerja bagi pengorganisasian butir-butir tertentu
  3. mengungkapkan kekompakan peristiwa-peristiwa yang kelihatannya sederhana
  4. mengorganisasikan kembali penglaman-pengalaman berikutnya.




SUMBER – SUMBER

Interaksi dan Motivasi Belajar, Bab III ( 2010 )
Azhar Febriany Putra ( 2010 )
Memahami konsep Belajar Mengajar, Psikologi Belajar Bab II ( 2010 )
Afriyansyah, 2009. Makalah Teori Belajar. Baturaja: Yayan.
Merriam-webster.com Merriam-Webster Dictionary
http://www.evolution.mbdojo.com/theory.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar